Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Bagian Umum Dan Keuangan Bojonegoro © 2014
TUPOKSI

        TUGAS POKOK DAN FUNGSI BAGIAN UMUM DAN KEUANGAN

a.  Bagian Umum Dan Keuangan

  1. Kepala Bagian Umum dan Keuangan mempunyai tugas menyusun, merumuskan, menetapkan kebijakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan urusan administrasi keuangan di lingkup Sekretariat Daerah serta menangani administrasi keuangan kegiatan operasional Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Sekretaris Daerah, Asisten dan Staf Ahli, urusan rumah tangga, urusan administrasi dan pemeliharaan;
  2. Dalam melaksanakan tugas Kepala Bagian Umum dan Keuangan mempunyai fungsi:
    1. Perumusan, perencanaan, pembinaan, koordinasi dan pengendalian bidang administrasi keuangan di lingkup Sekretariat Daerah;
    2. Perumusan, perencanaan, pembinaan, koordinasi dan pengendalian urusan rumah tangga;
    3. Perumusan, perencanaan, pembinaan, koordinasi dan pengendalian urusan administrasi dan pemeliharaan ;
    4. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Asisten Administrasi Umum sesuai dengan bidang tugasnya.
    5. Bagian Umum dan Keuangan terdiri dari:
      1. Sub Bagian Administrasi Keuangan;
      2. Sub Bagian Rumah Tangga;
      3. Sub Bagian Administrasi dan Pemeliharaan.
        1. Sub Bagian,  masing-masing dipimpin oleh   seorang Kepala  Sub Bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bagian Umum dan Keuangan.
        2. Kepala Sub Bagian Administrasi Keuangan mempunyai tugas menyusun anggaran pendapatan dan belanja Bagian Umum dan Keuangan, konsolidasi anggaran pendapatan dan belanja serta laporan pertanggungjawabannya disetiap bagian lingkup Sekretariat Daerah, serta menangani administrasi keuangan kegiatan operasional Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Sekretaris Daerah, Asisten dan Staf Ahli.
        3. Dalam melaksanakan tugas, Kepala Sub Bagian Administrasi Keuangan mempunyai fungsi:
  3. Pengumpulan dan pengolahan bahan untuk penyusunan anggaran pendapatan dan belanja Bagian Umum dan Keuangan dan konsolidasi anggaran pendapatan dan belanja setiap bagian di lingkup Sekretariat Daerah;
  4. Penyelenggaraan tata usaha pembayaran gaji pegawai lingkup Sekretariat Daerah;
  5. Pembinaan dan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja disetiap bagian lingkup Sekretariat Daerah;
  6. Pengkonsolidasian laporan keuangan berkala dan laporan pertanggungjawaban akhir tahun dari setiap bagian untuk dijadikan laporan pertanggungjawaban tahunan Sekretariat Daerah;
  7. Penyelenggaraan tata usaha keuangan lingkup Sekretariat Daerah dan bertindak sebagai Pejabat Penatausahaan Keuangan Sekretariat Daerah (PPK SKPD);
  8. Penyelenggaraan proses administrasi anggaran operasional Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Sekretaris Daerah, Asisten dan Staf Ahli;
  9. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan kepala Bagian Umum dan Keuangan sesuai dengan bidang tugasnya.
  10. Kepala Sub Bagian Rumah Tangga mempunyai tugas memberikan pelayanan dalam urusan rumah tangga Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah.
  11. Dalam melaksanakan tugas, Kepala Sub Bagian Rumah Tangga mempunyai fungsi :
    1. Pengurusan keperluan rumah jabatan Bupati dan rumah jabatan lainnya;
    2. Penyediaan tempat keperluan rapat dan pertemuan dinas lainnya;
    3. Penyiapan dan penyediaan tempat keperluan tamu dinas Bupati;
    4. Pelayanan administrasi di bidang kerumahtanggaan;
    5. Penyelenggaraan pengaman fisik kantor Bupati, kantor Wakil Bupati, kantor Sekretaris Daerah , kantor Asisten dan kantor Staf Ahli;
    6. Pemberian petunjuk, pengawasan dan evaluasi dalam rangka pelaksanaan tugas bawahan;
    7. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Kepala Bagian Umum dan Keuangan sesuai dengan bidang tugasnya.
    8. Kepala Sub Bagian Administrasi dan Pemeliharaan mempunyai tugas memberikan pelayanan administrasi, pemeliharaan angkutan, perawatan kendaraan dinas, akomodasi dan ruangan, rumah jabatan Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah serta memelihara kebersihan kantor dan pekarangan.

10. Dalam melaksanakan tugas, Kepala Sub Bagian Administrasi dan Pemeliharaan mempunyai fungsi:

  1. Penyelenggaraan penyusunan, pengetikan/ penggandaan dan pendistribusian/ penataan proses pengiriman surat menyurat yang diperintahkan Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, dan Asisten Sekretaris Daerah;
  2. Pengarahan, penataan penyediaan dan pendistribusian surat yang diturunkan dari pimpinan;
  3. Penyusunan sandi surat dinas yang diberlakukan;
  4. Pengurusan surat-surat kendaraan dan surat-surat lainnya yang diperlukan;
  5. Pencatatan inventaris barang-barang daerah dalam keadaan baik maupun rusak;
  6. Pengurusan pemeliharaan kendaraan dinas bagi para pejabat pimpinan daerah;
  7. Pengawasan penggunaan dan pemeliharaan semua kendaraan dinas;
  8. Pengaturan dan pemeliharaan kebersihan ruang kantor dan pekarangan;
  9. Penatausahaan langganan daya dan jasa seperti air, listrik dan telepon;
  10. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Umum dan Keuangan sesuai dengan bidang tugasnya.”