Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Bagian Umum Dan Keuangan Bojonegoro © 2014
BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS AKRUAL

Pada Senin, 26 September 2016 bertempat di ruang rapat Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKKD) Kabupaten Bojonegoro, telah dilaksanakan bimbingan teknis penyusunan laporan keuangan akhir tahun bagi pengelola keuangan di lingkup Sekretariat Daerah. Hal ini mutlak dilakukan dalam rangka untuk mempermudah proses penyusunan laporan keuangan akhir tahun dengan metode akrual sekaligus menyamakan persepsi antar pengelola keuangan di lingkup Sekretariat Daerah.

Dalam pembukaan kegiatan ini Kepala Bagian Umum dan Keuangan, Hari Kristianto, S.STP, M.Si., menyampaikan perlunya peningkatan pemahaman dalam pengelolaan keuangan khususnya dalam penyusunan laporan bagi pengelola keuangan lingkup Sekretariat Daerah mengingat peraturan yang selalu dinamis berubah mengikuti kebutuhan.

Kepala Sub Bidang Akuntansi dan Pengelolaan Kas, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, sebagai narasumber memberikan materi terkait alur penyusunan Laporan Realisasi Anggaran, Neraca, Laporan Operasional, dan Laporan Perubahan Ekuitas. Materi ini nampak membingungkan mungkin bagi sebagian pengelola keuangan yang tidak mempunyai latar belakang pendidikan akuntansi, namun dengan integritas dan tanggungjawab yang tinggi, mereka dipaksa untuk mau dan bisa belajar akuntansi untuk menyusun laporan keuangan dengan berbasis akrual di sela-sela kesibukan menyusun laporan pertanggungjawaban (SPJ GU/TU/LS) serta pemenuhan data untuk menyusun laporan-laporan yang lain.

Bimbingan teknis ini sangat bermanfaat untuk penyusunan laporan keuangan akhir tahun anggaran mendatang, dan sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan dalam perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) terhadap laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bojonegoro periode selanjutnya.. semangat !!